Selasa, 26 Oktober 2010

Mengenal Infrastruktur Jaringan Komputer


Pendahuluan
Sebelum kita bicarakan tentang bagaimana cara membangun jaringan computer, Definisi awal dari jaringan computer. Teknologi Jaringan Komputer (Jarkom) terbetnuk dari gabungan dua teknologi yang sama sekali berbeda, yaitu teknologi computer sebagai pengolah data dan teknologi telekomunikasi. Jaringan merupakan teknik penyebarluasan informasi yang dihasilkan dari proses pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi computer.
 Jarkom itu sendiri merupakan sekelompok computer otonom yang saling dihubungkan satu sama lainnya, menggunakan suatu media dan protocol komunikasi tertentu, sehingga dapat saling berbagi data dan informasi, seperti HD, Printer, Fax.

Manfaat
Manfaat utama dari jaringan computer yang bener-bener dapat kita rasakan, Ada banyak manfaat yang dapat dirasakan kita, namun seringkali manfaat tersebut tidak dapat diukur dengan suatu nilai uang, Misalnya pada bidang bisnis perusahaan, manfaat yang dapat dirasakan adalah ; proses transaksi yang terintegrasi dengan baik, mempercepat pendistribusian data dan informasi untuk pengambilan keputusan, perlindungan keamanan data dan informasi lebih terjamin. Memungkinkan berbagi resources (Server, software, CDROM, Printer, …), Jaringan kompuer memungkinkan terjadinya komunikasi yang lebih efisien antar pemakai (mail dan teleconference) Sedangkan pada Aplikasi home user, memungkinkan komunikasi antar pengguna lebih efisien (chat), interaktif entertainment lebih multimedia (games, video, …)

Klasifikasi
Dalam jaringan computer apakah klasifikasi khusus atau pembagian menurut luas cakupannya, beberapa klasifikasi dalam jaringan computer menurut luas cakupan dan teknologi yang digunakannya ?
§ LAN (Local Area Network) :jaringan computer yang saling terhubung ke suatu computer server dengan menggunakan topologi tertentu, biasanya digunakan dalam kawasan satu gedung atau kawasan yang jaraknya tidak lebih dari 1 km.
§ MAN (Metropolitan Area Network) : jaringan computer yang saling terkoneksi dalam satu kawasan kota yang jaraknya bisa lebih dari 1 km. Pilihan untuk membangun jaringan computer antar kantor dalam suatu kota.
§ WAN (Wide Area Network) : Jaringan computer yang menghubungkan banyak LAN ke dalam suatu jaringan terpadu, antara satu jaringan dengan jaringan lain dapat berjarak ribuan kilometer atau terpisahkan letak geografi dengan menggunakan metode komunikasi tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar